5 Jenis Jin yang Jarang Diketahui Manusia

5 Jenis JinKebanyakan orang terkadang salah mengartikan sosok Jin. Mereka menganggap bahwa Jin adalah sebuah makhluk gaib yang suka mengganggu, dan itu tidaklah salah. Karena itu merupakan salah satu jenis dari 5 jenis Jin yang telah diciptakan oleh Tuhan. Namun perlu diketahui tak semua jin itu jahat dan suka mengganggu. Mungkin Anda pernah mendengar diberbagai media berita yang memberitakan ada seorang anak yang telah disunat oleh Jin pada tahun 2002 dan 2004 silam. Lalu ada juga kasus dimana seorang bayi hampir tetrtabrak truck dan diselamatkan oleh Makhluk Gaib ketika sang ibu lalai akan kereta Bayi yang dibawanya.

Bagi orang yang beragama pasti banyak yang sudah dijelaskan mengenai sosok Jin dalam kitab agama masing-masing. Seperti didalam Al-Qur’an telah menjelaskan berbagai penjelasan mengenai jin di dalam setiap ayat-ayat didalamnya. Berikut dibawah ini sedikit penggalan ayat dari berbagai macam surat yang menjelaskan tentang jin.

1. Surah Ar-Rahman ayat 15

Artinya: “Dia (Allah) menciptakan Jann (Jin) dari nyala api (Pucuk api yang menyala-nyala atau Maarij)”

2. Al-Hijr : 26 – 27 :

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.”

3. Surah Al-Hijr ayat 26 – 27:

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari tanah liat yang kering kerontang yang berasal dari lumpur hitam yang diberi bentuk dan Kami telah ciptakan Jin sebelum di ciptakan manusia dari api yang sangat panas.”

3. Surah Al-A’raf Ayat 72

Artinya: “Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka.”

4. Surah Al-Baqarah ayat 30 :

Artinya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

5. Surah Al-’Araf ayat 12

Artinya: “Engkau ciptakan aku (kata Iblis) dari api sedangkan ciptakan dia (Adam) dari tanah.”

5 Jenis Jin yang Jarang Diketahui Manusia

1. Al-Jan
Jenis Al-Jan adalah pengertian jin secara umum, yaitu jenis jin yang memiliki kegiatan seperti layaknya manusia. Jin ada yang laki-laki dan adapula yang perempuan, ada jin yang muslim dan adapula yang non muslim, lalu jin juga membutuhkan makan, minum, tidur, bersenggama dan sebagainya. Kesimpulannya jin pada kategori JAN ini tidak banyak berbeda dengan manusia pada kategori al-insan.

2. Al-A’mir
Untuk Jenis Jin yang kedua ini biasanya suka berada disuatu tempat. Seperti dikamar mandi, dirumah atau dimanapun ada suara atau bunyian yang menirukan perbuatan manusia. Seperti ketika ada suara orang mandi, padahal dikamar mandi tersebut tidak ada orang. Hal ini bisa saja perbuatan dari jin AL-A’MIR. Maka biasanya orang-orang terkadang menyebutnya sebagai setan tek-tek.

Karena memang jenis jin ini suka menirukan perbuatan atau kebiasaan manusia dengan tujuan menakut-nakuti. Al-A’mir juga terkadang mengikuti orang yang sedang membaca, bernyanyi dan sebagainya atau mengikuti orang yang sedang shalat dibelakangnya. Meskipun demikian Anda tidak perlu takut, karena bisa saja dia tidak jahat, hanya karena ingin menjadi mak’mum atau ingin belajar membaca atau menyanyi.

3. AL-Ifrit
Jenis Ifrit adalah jenis jin yang berpotensi sebagai pembantu ataupun khodam bagi manusia. Dalam hal ini ada ifrit yang muslim dan baik, yang tentunya bisa menjadi khodam pada manusia yang muslim dan baik pula. Adapula ifrit yang berprilaku jahat dan kafir yang dimanfaatkan oleh para tukang sihir dan dukun, seperti ifrit-ifrit yang bekerjasama dengan pesihir untuk melancarkan perbuatan santet, guna-guna atau gangguan gaib lainnya.

4. Al-Arwah
Jenis jin yang keempat inilah yang sering dan biasa menggoda manusia. Terkadang al-arwah menjelma dirinya sebagai orang tua kita yang telah meninggal atau sebagai dedemit dan sebagainya. Mungkin bagi orang jawa mengenal yang namanya kuntilanak, pocong, gendruwo, Sundel Bolong, dan Wewe Gombel. Tujuan merubah wujud ini adalah untuk menakut-nakuti orang-orang yang mempercayainya. Sebenarnya jenis jin al-arwah ini termasuk golongan jin yang sangat kuat dan sangat nakal. Disebutkan paling kuat karena mereka dapat menjelma dirinya menjadi apa saja dengan mengerahkan kekuatan ilmu yang dimilikinya dan disebut nakal karena sering menggoda dan menakut-nakuti manusia.

5. As-Syaiton
Yang terakhir adalah jenis Jin yang bernama As-Syaiton. Berbeda dengan al-arwah, as-syaiton adalah jenis jin yang selalu menggoda manusia dari segi keimanan, kerohanian dan kejiwaan. As-syaiton sangat berbahaya dibandingkan  jenis jin lainya, karena as-syaiton merasuk kedalam hati manusia untuk membisikan kekafiran, keingkaran dan kejahatan.

Dalam surat An-Naas dijelaskan bahwa bukan hanya jin jahat dan ingkar yang termasuk dalam golongan as-syaiton, manusia yang yang berprilaku dzalim dan lalai termasuk dalam kategori ini. Mengenai hal ini ada sebagaian ulama yang berpendapat bahwa setan adalah sebuah sifat jahat dari manusia dan jin. Jadi yang disebut setan/syaiton adalah bukan berupa wujud/makhluk tersendiri, melainkan sebuah sifat atau perbuatan dari makhluk Jin ataupun Manusia.

Informasi Penting Untuk Anda
Dapatkan Berbagai Macam Ilmu Spiritual - GRATIS

Anda cukup mengisi formulir pendaftaran dibawah ini.

Comments are closed.

Informasi Penting Untuk Anda
Dapatkan Berbagai Macam Ilmu Spiritual - GRATIS

Anda cukup mengisi formulir pendaftaran dibawah ini.